Apakah Filosofi itu PENTING???

Posted: February 24, 2011 in Suka-suka, Uncategorized
Tags:

Beberapa waktu yang lalu saya terlibat perbincangan dengan beberapa orang teman sambil ngopi. Perbincangan sampai pada filosofi hidup. Filosofi hidup bisa disebut juga dengan prinsip hidup, yaitu prinsip yang kita pilih dalam menjalani kehidupan.

Seorang teman punya filosofi hidup “time is money”. Seorang materialis sejati. Orang ini benar-benar sibuk mencari duit. Apa saja yang bisa dijadikan duit ya di duitin. Baginya, untuk mencapai hidup yang berkualitas harus punya banyak duit.

Teman yang lain punya filosofi “don’t worry be happy”. Orangnya memang selalu terlihat gembira, always smile (bukan gila). Dia ingin menjalani kehidupan dengan bahagia, maka dia selalu berusaha merasa bahagia dalam berbagai kondisi, kuncinya adalah senantiasa berpikir positif, katanya. “Positive thinking make positive feeling”.

Teman yang lain punya filosofi “be useful”. Dalam setiap kesempatan dia ingin bisa berguna bagi orang lain. Orangnya memang pemurah, baik hati dan tidak sombong (mantu idaman). Dia senang berbagi ide, pengetahuan, tenaga maupun materi.

Teman yang lain, seorang spiritualis sejati. Filosofinya adalah “faith and devotion to God is the first”. Baginya kehidupan akhirat jauh lebih penting daripada kehidupan dunia yang penuh dengan sandiwara. Sehingga kesehariannya dipenuh dengan ibadah.

Saat ditanya filosofi hidup saya, saya senyam senyum. Saya belum punya filosofi hidup. Ini terlalu serius bagi saya. Satu persatu mereka menawarkan filosofi hidupnya untuk saya gunakan. Karena tidak enak memlih, saya bertanya:

Apakah saya boleh menggunakan filosofi hidup kalian sekaligus? Spontan mereka menjawab, “boleh”. Apa perlunya punya filosofi hidup? Mereka sepakat menjawab, “ agar kita punya standar perilaku yang kita prioritaskan dalam menjalani hidup. Dengan filosofi hidup kitalah kita akan dikenal. Filosofi hidup kita adalah “brand” kita.”

Leave a Reply

